23
Dec

Desain Dapur Minimalis Modern dan Menawan

Dapur menjadi bagian dari rumah yang sangat penting. Keberadaannya tidak hanya untuk memasak namun juga menjadi tempat bertemunya seluruh anggota keluarga di waktu makan. Pemilihan desain dapur tidak boleh dilakukan sembarangan. Tidak hanya memastikan dapur lebih nyaman untuk memasak, namun juga harus menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Sehingga penghuni rumah merasa betah berkumpul saat waktu makan tiba.

Sayangnya tidak mudah menciptakan sebuah dapur yang nyaman. Mengingat ketersediaan ukuran ruangan masing-masing keluarga tidaklah sama. Anda yang membuat ruang dapur lebih luas, tentu leluasa untuk memilih desainnya. Namun untuk Anda yang memiliki dapur dengan luas terbatas, penataan lebih sulit dilakukan. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, karena dengan pilihan penataan berikut ini, Anda dapat menciptakan desain dapur minimalis yang menawan.

Melakukan distribusi perabotan dengan baik

Penggunaan perabot dapur tidak dapat dihindari. Bahkan untuk dapur minimalis murah yang lebih sempit, penggunaan perabot ini menjadi keharusan untuk memudahkan proses memasak. Namun jangan sampai menumpuk perabot hingga dapur Anda terlihat penuh dan sesak. Mendistribusikan perabot dapur dengan baik akan menghindari penumpukan di satu tempat. Sehingga dapur Anda tetap luas dan tidak sesak.

Distribusi perabot dengan baik, dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan luas ruang lebih maksimal. Gunakan kitchen set yang memiliki lemari dari bahan kayu sintetis dan pegangan dari stainless. Untuk meja dapur, sebaiknya pilih jenis bahan marmer dengan alas kayu sintetis dan warna yang sejenis dengan lemari. Kesan lebih luas dapat Anda lakukan dengan menambah aksen mozaik yang akan berpadu sangat menawan dengan lantai berwarna kopi di dapur Anda.

Meja granit berwarna abu-abu

Salah satu perabot yang harus ada di dapur adalah meja. Dalam model dapur minimalis, meja ini menjadi satu bagian dengan kitchen set yang pemilihannya harus dilakukan dengan baik. Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih meja dengan bahan granit di atasnya. Pilih jenis granit berwarna abu-abu yang  meliputi kompor hingga wastafel. Untuk kitchen set minimalis Anda dapat memilih material kayu berwarna kemerahan dengan pegangan stainless.

Model dapur minimalis yang satu ini sangat mengedepankan kesan elegan dan fungsi yang optimal. Anda tidak perlu menggunakan perabot atau kitchen set yang mewah, cukup memilih perabot dengan desain sederhana. Pastikan perabot yang Anda gunakan juga memiliki fungsi terbaik sehingga Anda tidak kesulitan saat memasak. Demikian pula dengan anggota keluarga akan merasa lebih nyaman dan betah saat berada di dapur menikmati makan bersama.

Kombinasi merah dan hitam

Bermain warna menjadi salah satu unsur utama dalam mengatur desain dapur yang minimalis. Anda tidak perlu takut menggunakan warna-warna gelap hanya karena dapur Anda memiliki ukuran terbatas. Justru dengan warna-warna gelap ini, Anda dapat menciptakan sebuah kondisi desain yang lebih unik dan tentunya tetap membuat dapur Anda lega. Salah satunya dengan memadukan warna hitam dan merah yang membuat dapur cantik dan modern.

Penggunaan kitchen set berwarna merah dan hitam menjadikan dapur lebih bergaya. Penataan dapur sederhana dengan kombinasi hitam dan merah ini memungkinkan Anda dapat menata lebih efektif hingga ke seluruh ruangan. Lemari kitchen set menggunakan warna hitam dipadukan dengan perabot lain seperti meja dan kursi yang berwarna merah akan membuat dapur Anda terlihat lebih berani. Tidak ada kata yang dapat menggambarkannya, selain cantik.

Gunakan perabot kayu

Siapa bilang dapur kecil minimalis tidak diperbolehkan menggunakan perabot kayu? Justru dengan menggunakan perabotan dari material kayu, Anda dapat menciptakan sebuah penataan garis horizontal yang modern namun masih sangat cantik. Menonjolkan permukaan perabot yang datar yang didukung desain jendela memanjang di atas meja akan membuat dapur Anda terlihat lebih luas. Sehingga dapat diisi perabot lainnya.

Untuk memaksimalkan pengisian dapur, gunakan model kitchen set kayu yang tidak terlalu banyak aksen. Permukaan datar tanpa banyak aksesoris justru membuat dapur Anda semakin nyaman untuk memasak. Bagian tengah ruangan dapat Anda manfaatkan dengan meletakkan sebuah set meja yang juga menonjolkan permukaan datar dengan warna serupa untuk menjadi tempat berkumpulnya keluarga di dapur.

Kombinasikan antara tradisional dan modern

Tidak mudah merancang desain dapur kecil minimalis di rumah Anda. Namun mengombinasikan antara konsep desain tradisonal dan modern dapat Anda pertimbangkan. Terutama untuk Anda yang sangat ingin membawa suasana country ke dapur rumah, saatnya mewujudkan desain dapur modern dan tradisional ini. Tidak perlu desain yang rumit, Anda hanya perlu memanfaatkan tembok beton alami dari dapur Anda.

Pasangkan dinding mozaik di dekat kompor kitchen set sederhana milik Anda, sehingga kesan country akan lebih menonjol. Untuk lebih menguatkan kesan country hasil kombinasi desain modern dan tradisional, Anda dapat memberikan jendela kayu di dapur. Gunakan perabot kayu lain seperti kursi makan yang tidak akan membiarkan kesan tradisional menghilang. Suasana ini akan membuat penghuni rumah, betah di dapur.

Penggunaan mozaik indah

Penggunaan mozaik yang indah hampir tidak pernah dilupakan dalam sebuah dapur minimalis. Terutama mozaik dengan susunan warna-warni yang indah akan menjadikan dapur Anda sebagai tempat relaksasi untuk keluarga. Pastikan Anda mengombinasikan mozaik ini dengan perabot dapur yang tepat sehingga tidak kehilangan keindahannya. Terutama untuk mendukung dapur Anda lebih nyaman saat berkumpul bersama keluarga.

Kitchen set minimalis sederhana dengan kayu abu-abu gelap akan mendukung kecantikan mozaik indah di dapur Anda. Pilih warna abu-abu tidak terlalu gelap pada lemari kitchen set. Kombinasikan warna abu-abu ini dengan permukaan granit di atas meja. Anda akan melihat ruangan lebih lega dan luas sehingga keluarga juga bisa bersantai di dalamnya. Pemilihan warna mozaik seperti pink, merah dan krem akan membuat dapur Anda lebih segar.

Pemilihan warna yang sesuai

Desain dapur kecil tidak hanya mengenai penataan perabot dengan tepat dan baik. Namun Anda juga harus melakukan pemilihan warna dan saling menyesuaikan. Tidak hanya pemilihan warna perabot saja, namun juga ruangan hingga aksesoris yang Anda gunakan. Terutama jika Anda menggunakan beberapa perabot atau justru memilih untuk melakukan kombinasi dua dan beberapa warna untuk dapur Anda.

Pemilihan warna dapur kecil sendiri dapat dilakukan dengan banyak cara. Anda dapat melakukan penggabungan antara dua warna dari kayu yang berbeda, seperti dari gelap menuju ke warna terang atau sebaliknya. Selain itu Anda juga dapat melakukan pemilihan warna dengan menggabungkan antara dinding ke dinding di dapur Anda. Juga lantai dengan dinding, sehingga dapur Anda menjadi lebih sempurna dengan warna-warna yang indah.

Dapur dengan sentuhan lembut

Jika beberapa pemilik rumah merasa percaya diri dengan warna-warna terang, Anda dapat memberi sentuhan berbeda pada dapur dengan sentuhan yang lebih lembut. Tidak hanya tentang pemilihan warnanya namun juga saat melakukan paduan perabot hingga desain kitchen set yang Anda gunakan. Pemanfaatan ruang hingga pencahayaan yang baik akan membuat dapur Anda lebih indah dan memberikan kesan lembut yang romantis.

Dapur tidak hanya tentang tempat untuk memasak. Namun beberapa keluarga juga menempatkan ruang makan di dapur. Untuk mendapatkan desain dapur dan ruang makan yang memberikan kesan lembut, Anda dapat memanfaatkan perabot seperti lemari permukaan rendah yang berwarna putih. Lemari ini akan membantu Anda menyimpan barang hingga mendapatkan pencahayaan yang kontras sehingga dapur terlihat lebih lembut dan bersih.

Dapur minimalis klasik dan fungsional

Dalam dapur minimalis, Anda dapat berkreasi tidak terbatas. Hanya saja, setiap kreasi penataan ruang yang Anda lakukan haruslah sesuai dengan ukuran dapur Anda. Meski berukuran minimalis, tidak berarti Anda tidak dapat menerapkan konsep klasik dalam dapur Anda. Dengan memanfaatkan ruang berukuran cukup kecil, gaya klasik akan membuat dapur Anda sedikit berbeda. Sehingga tampilannya lebih baru dan membuat betah tentunya.

Gaya klasik menjadi lebih sempurna saat Anda memilih perabot hingga kitchen set murah yang menggunakan bahan kayu. Lemari kayu yang berwarna krem akan membuat dapur Anda terlihat klasik. Dihiasi pintu transparan dan tembus pandang, lemari Anda akan membuat suasana dapur semakin klasik. Berikan sentuhan warna oranye pada ubin dapur sehingga warna-warna ini akan memberikan sentuhan klasik namun tetap fungsional.

Kesan yang tenang dan elegan

Desain klasik tidak hanya memberikan kesan unik. Namun juga kesan anggun yang sangat kuat. Karena itu Anda yang menerapkan desain klasik untuk dapur minimalis di rumah, sempurnakan desain klasik dengan kesan elegan sebagai sentuhan terakhir. Bagi Anda yang sangat mencintai keanggunan, dapur dengan kesan klasik menjadikan suasana berkumpul bersama keluarga lebih hangat dan membuat betah.

Perabot kayu yang Anda gunakan akan membuat dapur semakin anggun jika Anda memilih warna yang tepat. Warna kayu yang lebih gelap akan memberikan kesan elegan dan anggun. Padukan lemari dengan meja yang juga berwarna senada, seperti abu-abu gelap akan menyempurnakan kesan klasik yang Anda inginkan. Letakkan meja dengan desain klasik ini di tengah-tengah ruang dapur sehingga keluarga besar dapat berkumpul dengan nyaman.

Kontras dan modern

Ukuran dapur yang sangat terbatas, membuat Anda tidak mudah berkreasi dengan perabot dapur yang Anda pilih. Terutama untuk dapur minimalis 2×2 yang tidak memungkinkan Anda memasukkan perabot dapur lebih banyak. Meski sangat terbatas dalam kreasi perabot, tidak berarti Anda kehilangan kreasi warna. Untuk membuat dapur Anda semakin menarik, buat kreasi warna-warna kontras yang memberikan kesan modern.

Selain memberikan kesan modern, kreasi warna-warna kontras ini juga menjadi simbol kesenangan dan kebahagiaan. Kombinasikan merah tomat dengan warna veener dari kayu. Gunakan veener kayu yang berwarna gelap sehingga tercipta sebuah kontras yang bertahan lama. Warna kontras ini mampu memastikan keseimbangan visual dapur Anda lebih terjaga. Gunakan bangku berwarna abu dengan peralatan bahan stainless akan membuat kontras yang Anda ciptakan semakin indah.

Gunakan lampu dapur sebagai daya tarik

Desain dapur terbuka menjadikan semua aksesoris tersembunyi. Penyimpanan peralatan, perabot hingga lampu dibuat tersembunyi dari mata. Sejauh mata memandang, dapur minimalis tidak menampakkan banyak aksesoris atau pun perabot untuk penyimpanan. Namun segala hal yang tersembunyi ini justru dapat menjadi daya tarik tersendiri. Lampu yang tersembunyi justru memberikan kesan yang menarik untuk dapur Anda.

Lampu-lampu LED yang tersembunyi di dalam cangkang di atas plafon, secara halus akan memberikan pengaruh sudut yang lebih tajam untuk ruangan. Pendaran sinar yang datang dari lampu tersembunyi justru memberikan kesan komposisi ruang yang lebih besar. Anda dapat menjadikan lampu-lampu ini sebagai aksesoris yang tidak ternilai untuk memberikan nilai tambah dapur Anda. Sehingga ruangan semakin cantik dan menarik.

Memasak dalam dapur yang lebih hidup

Setiap pemilik rumah sangat mengetahui fungsi dapur miliknya. Tidak hanya sebagai tempat memasak namun juga tempat makan. Bahkan tidak sedikit yang membuat dapurnya menjadi tempat untuk berdiskusi bersama teman-teman. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan konsep desain dapur minimalis yang lebih hidup. Meski memiliki ruang terbatas, menciptakan dapur yang lebih hidup akan membuat siapapun betah di dapur.

Sekali lagi, apapun konsep desain dapur Anda, kombinasi warna hingga pemilihan perabot sangat penting dilakukan. Untuk membuat dapur yang lebih hidup, Anda dapat memanfaatkan warna hitam, hijau dan warna gelap kayu dari perabot yang Anda gunakan. Granit hitam yang menempel di dinding akan menjadi kombinasi tepat warna hijau lemari Anda. Sementara warna meja kayu yang sedikit gelap di bawah akan menyempurnakan energi kehidupan dapur Anda.

Dapur yang romantis

Ukuran yang sangat terbatas menjadikan beberapa orang tidak memiliki gambar dapur yang tepat untuk diaplikasikan. Padahal sebagai pemilik rumah, Anda memiliki kuasa mutlak melakukan kreasi dengan penataan dapur Anda. Ukuran dapur yang lebih sempit justru dapat Anda kreasikan menjadi desain yang unik, lebih padat dan fungsional. Tentunya dengan pemilihan perabot yang tepat, dapur Anda menjadi semakin romantis dan hangat.

Ukuran kitchen set memang penting. Namun warna dari kitchen set yang Anda pilih juga tidak boleh diremehkan. Untuk dapur minimalis yang lebih romantis, Anda dapat memilih lemari berwarna gelap. Seperti kitchen set dari bahan kayu hitam. Pilih desain kitchen set yang sederhana namun terintegrasi dengan dapur Anda. Anda memerlukan sorotan warna merah dengan membangun rak merah di bawah kitchen set sehingga kesan tenang, romantis dan elegan terlihat.

Kombinasi batu, kayu hingga besi

Ada banyak hal yang dapat Anda eksplorasi untuk menciptakan sebuah dapur cantik dan nyaman. Jika Anda merasa tidak lagi mampu mengeksplorasi warna, saatnya menciptakan sebuah dapur dengan menggali kekayaan bahan material dari perabot yang Anda gunakan. Anda banyak jenis material yang seringkali digunakan untuk membuat perabot dapur. Dari mulai kayu, besi hingga batu bahkan ada pula jenis perabot kitchen set aluminium.

Mengombinasikan material dari kayu, besi hingga batu dapat menjadikan dapur Anda memiliki nuansa klasik lebih maksimal. Material kayu pada lemari atas kitchen set akan memberikan nuansa mengkilap dan gelap. Sementara material batu yang Anda gunakan pada perabot seperti kursi hingga peralatan makan atau dapur dari bahan stainless akan menjadikan sebuah paduan yang sangat cantik. Lebih hidup dan menonjol untuk dapur modern yang lebih cerah.

Dapur terbuka

Kondisi ruang yang sangat terbatas, masih memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah dapur yang nyaman dan menyenangkan di rumah. Dengan konsep desain yang tepat, meski ukuran ruangan sangat terbatas, Anda memiliki harapan untuk mewujudkan dapur impian. Dengan desain dapur minimalis terbuka, dapur yang Anda idam-idamkan akan segera terwujud di rumah. Tidak luas namun memastikan Anda dan keluarga lebih leluasa menggunakannya.

Namun untuk desain dapur terbuka ini, beberapa perabot yang dapat dimasukkan sangat terbatas. Anda masih dapat memasukkan lemari bawah yang panjang dan berbentuk L tergantung dengan bentuk ruang dapur Anda. Lemari bawah yang rendah ini menjadi area penyimpanan terbuka yang membuat segala sesuatu di dapur lebih terorganisir. Ruangan yang terlihat jelas hingga bangku, meja dan perabotan akan memunculkan cahaya yang lebih cerah dan harmonis.

Penggunaan besi baja yang melambangkan modernitas

Ada kalanya seorang pemilik rumah sangat menyukai desain dapur yang memiliki kesan sporadis. Dengan daya kreasi tidak terbatas dan kemampuan menggali warna hingga material yang luar biasa kaya. Namun ada pula pemilik rumah yang lebih menyukai desain dapur minimalis lebih pakem, kaku dengan bentuk-bentuk linear yang sangat rapi. Anda dapat mencoba desain dapur lebih pakem dan sempurna dengan paduan material besi baja yang modern.

Penggunaan furniture dari bahan besi baja akan membuat padu-padan dengan beberapa warna semakin modern di dapur Anda. Penggunaan mozaik abu-abu dan juga silver yang ditanam di dinding dapur akan memberikan kesan resmi dan modern. Sementara itu penggunaan meja dengan kaki-kaki dari bahan besi baja juga membuat dapur minimalis Anda terlihat futuristik. Mutiara kitchen set Bandung dengan warna putih dikombinasikan hitam menambah modernitas dapur keluarga Anda.