23
Dec

Interior Design Dan Kitchen Set Minimalis Murah

Interior design yang saat ini lebih populer terutama untuk gaya hidup perkotaan yang serba sibuk adalah dengan menggunakan konsep minimalis. Konsep desain ini mengutamakan desain dan perabotan yang simpel dan memanfaatkan ruang yang tersedia sebaik mungkin tanpa menambahkan banyak barang dan detail yang terlihat ribet. Desain interior bergaya minimalis ini menjadi idaman para kaum urban di mana hunian yang simpel dan terlihat modern lebih terlihat bersih, tidak sulit untuk perawatannya, dan pas dengan gaya hidup yang dipenuhi dengan aktivitas padat. Desain konsep ini juga pas untuk Anda yang punya hunian dengan luas yang terbatas namun tetap bisa mendapatkan interior yang stylish dan nampak indah di mata serta nyaman untuk menjadi rumah Anda. Kali ini akan dibahas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mendesain ruangan dengan gaya yang minimalis dengan budget yang lebih hemat seperti yang biasa Anda lihat di magazine design untuk inspirasi interior masa kini.

Tips profesional untuk mendesain rumah dengan interior minimalis

Kunci dari interior design untuk gaya minimalis adalah menyelaraskan antara tiga hal yaitu ruang, pencahayaan,  dan juga objek. Intinya adalah hanya mengisi ruangan dengan perabotan yang esensial namun bukan berarti membosankan. Anda bahkan bisa membuat statement dengan menggunakan gaya interior yang minimalis dan fungsional. Berikut ini adalah tips dari profesional untuk rumah sederhana tapi elegandemi hunian yang modern.

1.     Gunakan warna yang minimal

Warna-warna yang biasanya digunakan untuk rumah dengan gaya minimalis adalah warna yang netral seperti putih, semi abu-abu, atau warna-warna pastel yang lembut. Anda bisa mengombinasikan warna lain untuk memberikan kesan yang lebih berwarna namun sebaiknya tidak lebih dari 2 warna yang mencolok. Agar tidak terlalu membosankan, Anda bisa memberikan sentuhan warna yang kontras pada beberapa objek misalnya dengan menempatkan bantal duduk dengan warna kuning atau merah pada ruangan dengan warna dominasi pastel atau putih. Bisa juga dengan menempatkan meja minimalis yang menggunakan bahan material kayu untuk memberikan kesan yang lebih homey pada ruangan minimalis.

2.     Menentukan focal points pada ruangan

Dengan konsep interior yang minimalis, ruangan yang nampak kosong adalah kesan pertama yang biasanya didapatkan oleh orang lain. Namun di ruangan yang nampak kosong itu terisi oleh perabotan yang fungsional misalnya untuk mendekorasi dapur minimalis Anda bisa mengisi ruangan hanya dengan perabotan yang dibutuhkan. Segala macam perlengkapan dapur yang biasanya diletakkan di luar disimpan dengan menggunakan kitchen set yang tertutup dan menjadi focal points atau titik fokus pada dapur Anda. Selain lemari-lemari dapur, Anda juga bisa menjadikan meja dapur atau kitchen island sebagai titik fokusnya misalnya dengan memilih warna lemari yang sama dengan warna dinding, kemudian warna meja dapurnya menggunakan warna yang kontras.

3.     Simpan aneka macam barang agar tak terlihat

Minimalis adalah konsep desain yang tidak membuat Anda repot dengan segala macam pernak-pernik yang biasanya ada di ruangan. Misalnya untuk dapur rumah Anda, paling pas menggunakan gaya desain yang minimalis. Banyak alat dapur dan alat masak yang bisa membuat dapur terlihat berantakan misalnya tempat sendok dan garpu, aneka macam mangkuk untuk wadah makanan, berbagai macam bahan makanan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, alat-alat pemotong dan pengupas buah dan sayur, dan berbagai macam kelengkapan dapur lainnya. Hanya pajang kelengkapan dapur yang paling krusial seperti kulkas, kompor, microwave, Anda bahkan bisa menghiasi meja dapur dengan tanaman yang simpel. Lainnya, simpan di dalam lemari dengan memilih kitchen set minimalis yang tertutup namun bisa muat segala macam kebutuhan dan alat dapur baik barang besar maupun kecil.

4.     Dekorasi yang memberikan aksen

Interior yang menggunakan konsep minimalis bukan berarti tidak boleh ada dekorasi. Namun fungsi dari dekorasi pada hunian minimalis adalah sebagai akses ruangan, yang tetap menjaga fungsi dari ruangan tersebut dan tidak mengalihkan perhatian orang lain. Misalnya untuk desain dapur yang minimalis bisa diletakkan satu buah pot tanaman hias atau tanaman bunga di dekat jendela atau di atas meja dapur tanpa mengganggu fungsi dapur sebagai tempat untuk memasak. Kemudian Anda juga bisa memilih satu buah lukisan dengan ukuran yang agak besar untuk dipasang di dinding ketimbang mengisi permukaan dinding dengan gambar-gambar kecil yang membuat tembok terlihat penuh.

5.     Perabotan dengan garis yang tegas

Untuk membuat rumah sederhana tapi elegan, Anda bisa memilih perabotan yang memiliki bentuk dengan  garis yang tegas dan permukaan yang datar. Perabotan dengan ukiran biasanya kurang pas untuk konsep ruangan yang minimalis. Misalnya dengan memilih sofa yang datar dengan bentuk yang minimal, bukan sofa dengan banyak detail pada permukaannya seperti sofa-sofa kulit yang biasanya digunakan untuk memberikan kesan yang mewah. Kemudian untuk meja pilihlah meja dengan bentuk segi empat dan lurus, biasanya meja dengan permukaan kaca banyak dipilih untuk memberikan kesan yang lebih transparan pada ruangan. Begitu juga dengan hiasan dinding, lemari pajangan, dan dekorasi lainnya, pilih yang menggunakan garis lurus tegas untuk memberikan kesan ruangan yang lebih rapid an bersih.

6.     Bermain dengan tekstur

Selain menggunakan karya seni untuk mendekorasi hunian yang minimalis, Anda juga bisa bermain dengan berbagai macam tekstur untuk membuat design interior tampak lebih dinamis dan tidak monoton. Misalnya dengan menggunakan lantai bertekstur kayu untuk model dapur minimalis Anda. Tekstur lantai kayu akan memberikan kesan natural pada ruangan minimalis dan memberikan kesan yang hangat pada ruangan dengan nuansa putih yang kuat. Anda bahkan tidak harus menggunakan kayu sungguhan untuk lantainya, bisa menggunakan lantai vinyl dengan motif kayu yang lebih ekonomis. Atau bisa juga dengan menggunakan lampu gantung kristal sebagai penerangan utama pada ruangan, bisa juga dengan menambahkan selimut rajut atau quilt pada sofa maupun kamar tidur Anda.

7.     Akses cahaya alam yang maksimal

Selain cocok untuk gaya hidup kaum urban modern jaman sekarang, gaya minimalis juga mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat dan juga ramah lingkungan. Ruangan dibuat sedemikian rupa agar banyak mendapatkan cahaya matahari secara maksimal sehingga penggunaan lampu bisa diminimalkan, demikian juga dengan sistem ventilasi udara yang lebih baik sehingga meminimalkan penggunaan AC atau kipas angin listrik. Memaksimalkan cahaya matahari di desain dapur sederhana Anda tentunya akan lebih membuatnya jadi tempat yang nyaman untuk memasak. Banyaknya sinar matahari di dapur juga membuat ruangan ini tidak mudah lembab sehingga tetap sehat. Anda juga bisa menambahkan taman minimalis pada sisa lahan yang dimiliki untuk menambahkan unsur alam pada hunian, memberikan ruang terbuka  hijau yang menyegarkan untuk rumah.

Tips untuk desain dapur kecil bergaya minimalis modern

Minimalis tidak hanya merupakan gaya untuk desain interior saja namun juga bisa menjadi filosofi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan titik beratnya adalah fokus pada fungsinya, dengan mengabaikan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dan mengaburkan tujuan dari sebuah hal. Untuk mendekorasi rumah sederhana tapi elegan dengan gaya minimalis mungkin bagi Anda terlalu rumit karena banyak yang mesti dipikirkan dan dipertimbangkan. Anda bisa memilih satu aspek atau ruangan dalam rumah untuk didesain secara minimalis, misalnya adalah dapur. Dapur yang memiliki image kotor, berantakan, dan lembab, bisa menjadi bagian yang sehat dan indah di dalam rumah dengan didesain secara minimalis. Ini dia beberapa tips untuk Anda yang ingin memiliki dapur sederhana yang lebih rapi dan memberikan kesan yang lebih bersih dan modern.

1.     Singkirkan segala macam kekacauan di dapur

Mulailah dengan menyimpan aneka macam barang yang membuat dapur tampak terlihat penuh dan gampang sekali berantakan. Biasanya kebutuhan dapur seperti pisau, koleksi alat makan, berbagai macam panci dan wadah diletakkan di luar untuk akses yang gampang kalau dibutuhkan. Padahal, kalau disimpan di tempat yang rapi dan tertutup tidak hanya membuat dapur tampak minimalis dan rapi namun juga barang dapur Anda bisa terjaga kebersihannya. Pilih model kitchen set yang paling pas dengan ukuran dapur yang tersedia. Pilih yang menyediakan banyak tempat penyimpanan baik untuk yang besar seperti panci, wajan, blender, mixer, piring-piring, mangkuk, dan wadah lainnya, hingga tempat yang kecil misalnya laci untuk alat makan, untuk pisau, piring-piring datar atau lepek, gelas, dan sebagainya. Sehingga yang muncul di permukaan hanya kebutuhan dapur yang esensial dan permanen seperti kompor, kulkas, oven, keran air, dan sebagainya.

2.     Memilih warna yang netral

Menggunakan warna yang netral dan monokrom adalah trik untuk desain dapur kecil agar terlihat lebih luas dari yang sebenarnya. Misalnya dengan menggunakan warna putih atau warna pastel tanpa memasukkan unsur warna yang kontras, apalagi ditambah dengan akses cahaya matahari yang baik misalnya dengan menambahkan jendela atau pintu kaca yang bisa memberikan langsung ke akses  halaman akan membuat dapur mungil Anda tampak lebih luas. Pemilihan perabotan yang digunakan untuk dapur adalah kunci untuk membuat ruang dapur yang monokrom tampak lebih stylish. Misalnya dengan menggunakan meja dan kursi bergaya industrialis yang saat ini juga banyak dipadukan dengan interior bergaya minimalis.

3.     Layout dapur yang sederhana

Menentukan tata ruang dapur di mana Anda akan meletakkan perabotannya adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk menentukan sisanya. Tiga unsur yang bisa menjadi patokan utama adalah kulkas, kompor, dan juga tempat cuci piring. Tiga unsur penting di dapur ini sebaiknya jaraknya tidak berjauhan bahkan sebaiknya bisa dijangkau hanya dalam satu dua langkah saja. Hal ini untuk membuat kerja dapur Anda jadi lebih efisien dan tidak meninggalkan banyak barang di luar saat memasak. Dalam layout gambar dapur modern biasanya kulkas diletakkan paling dekat dengan akses masuk ke dapur karena kulkas merupakan objek yang paling banyak digunakan di dapur. 

4.     Penataan lemari yang meninggi

Tidak hanya desain dapur terbuka saja yang bisa membuat dapur Anda jadi terlihat lebih luas, menata lemari gantung di dapur lebih tinggi juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas sekaligus memanfaatkan dengan maksimal ruangan yang tersedia. Menempatkan lemari gantung dengan lebih tinggi akan menyisakan ruang pada bagian bawahnya yang lebih lapang. Anda bisa menggunakan sisa ruang untuk menambah rak tempat penyimpanan bumbu misalnya, atau digunakan untuk gantungan sarung tangan oven, dan tentunya membuat kerja di meja dapur atau kompor lebih leluasa karena tidak ditekan dengan ketinggian lemari atas yang rendah.

5.     Memilih lampu yang menyita perhatian

Desain minimalis tidak harus kosong dan membosankan, Anda tetap bisa menarik perhatian orang dan membuat dapur Anda terlihat lebih indah dan estetik dengan memilih desain lampu dapur yang bold namun tetap masuk ke konsep desain kitchen set minimalis sederhana. Pilihannya bisa macam-macam, misalnya desain lampu kristal yang memberikan kesan mewah, atau lampu industrialis dengan bohlam lampu klasik yang digantung dengan penataan yang lebih modern, bisa juga memasang lampu dengan aksen rotan untuk memberikan unsur natural yang modern, dan sebagainya. Pasang lampu di atas meja makan sederhana atau di atas kitchen island Anda untuk menjadi titik fokus atau focal point pada dapur Anda.

6.     Perabotan yang mudah untuk dibersihkan

Ada banyak desain kitchen set yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menjadi bagian dari perabotan dapur Anda, salah satunya adalah dari segi bahan material. Untuk dapur, perabotan dengan bahan aluminium atau bahan stainless steel adalah yang paling pas dan harganya juga lebih terjangkau. Kitchen set aluminium akan memberikan kesan yang minimalis dan sederhana namun modern pada dapur kesayangan Anda. Ia ringan dan mudah untuk dibersihkan sehingga dapur Anda bisa tetap bersih dan sehat. Bahan ini juga lebih awet dibandingkan dengan bahan kayu karena aluminium tidak karatan, tidak mengalami pelapukan, tidak berjamur, dan tidak dimakan rayap. Dapur yang lebih mudah dibersihkan tentunya akan banyak membantu pekerjaan Anda sehingga waktu yang berharga tidak hanya digunakan untuk membersihkan dapur saja.

7.     Detail-detail yang membuat dapur terlihat modern

Sudah melakukan hal-hal di atas namun terlihat masih ada yang kurang dari dapur Anda? Jika diperhatikan banyak desain dapur yang muncul pada magazine design tidak menggunakan knob sebagai pembuka pintu lemari atau laci di dapur.  Tempat-tempat penyimpanan yang diletakkan di dapur biasanya hanya berupa permukaan yang datar tanpa ada pegangan untuk membuka pintunya. Namun apabila Anda ingin sesuatu yang lebih memberikan aksen pada perabotan bisa memilih lemari yang menggunakan pegangan pintu berupan batang yang memanjang. Pembuka pintu model batang akan terlihat lebih modern dibandingkan yang bulat atau bentuk knob. Detail lain yang bisa diperhatikan untuk desain dapur minimalis adalah mengganti keran dengan model yang lebih minimalis, dibuat dari bahan stainless steel atau lapisan chrome.

Untuk urusan desain interior bergaya minimalis dan modern Anda bisa menyerahkannya kepada Mutiara Kitchen Bandung yang siap untuk mendesain ruangan dan juga dapur Anda bergaya minimalis dengan kesan yang elegan namun tetap sederhana sehingga nyaman untuk keluarga Anda. Dengan pengalaman profesional kami menghadirkan suasana baru pada dapur Anda agar terlihat lebih indah, lebih bersih dan rapi meski dapur yang Anda miliki tidak besar. Dapatkan harga kitchen set minimalis yang lebih terjangkau, bahan material yang digunakan jelas berkualitas, caranya  hubungi kami sekarang untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Mutiara Kitchen Bandung bekerja dengan profesional dan hasilnya pasti memuaskan.