23
Dec

Tips dan Trik Dalam Membuat Model Dapur Minimalis

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan jika memiliki luas dapur terbatas adalah menggunakan desain dapur kecil atau dapur minimalis. Hal ini paling sering terjadi, jika Anda memiliki luas lahan rumah terbatas. Memiliki dapur kecil, bukan berarti Anda tidak dapat berkreasi, atau bahkan menciptakan dapur cantik. Jika Anda kreatif dan pandai dalam mendesain dapur, walaupun ukurannya terbatas, model dapur minimalis dapat didesain semenarik mungkin.

Perhatikan lokasi dapur

Hal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan ketika akan membuat sebuah dapur adalah, memperhatikan lokasi dapur itu sendiri. Dalam membuat sebuah dapur, sangat penting untuk memperhatikan lokasi dimana dapur tersebut diletakkan. Posisi dapur yang pas, membuat seluruh penghuni rumah merasa nyaman, namun jika posisi dapur salah, tentunya membuat seluruh penghuni rumah merasa kurang nyaman, seperti karena efek asap dari makanan, suara berisik ketika sedang memasak, dll.  Posisiruang dapur juga cukup beragam, apakah Anda akan meletakkan dapur tersebut di samping rumah, di tengah rumah, di belakang rumah, atau di lokasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat dapur, antara lain :

1.     Memperhatikan luas lokasi dapur

Ketika Anda akan membuat sebuah dapur, Anda tentu harus memperhatikan ukuran dari ruang dapur itu sendiri. Ukur dengan baik, luas lahan yang akan digunakan sebagai ruang dapur. Apakah ruang dapur Anda termasuk dapur minimalis ukuran 2×2, ruang dapur 2×3, atau bahkan 3×3.

Semakin besar kurang dapur yang Anda miliki, maka semakin leluasa pula, Anda dalam meletakkan berbagai macam barang. Demikian pula sebaliknya, semakin kecil ukuran ruang dapur yang Anda miliki, artinya Anda harus pandai dalam mendesain dapur tersebut.  

2.     Dapur terbuka

Apabila dapur yang hendak dibuat berada di belakang rumah, maka Anda dapat menjadikan atau membuat ruang dapur tersebut, menjadi desain dapur terbuka. Desain seperti ini memang masih jarang digunakan. Namun menggunakan desain dapur terbuka ini memiliki beberapa keuntungan, seperti sirkulasi udara yang lebih cepat, sehingga asap makanan dapat cepat hilang dan tidak masuk ke dalam rumah. Selain itu, sistem pencahayaan untuk ruangan seperti ini juga jadi lebih baik, baik di siang hari maupun di malam hari.

Selain itu, dapur minimalis terbuka ini juga membuat suasana ruang dapur jadi tampak berbeda, terkesan lebih luas, dan memasak jadi terasa lebih menyenangkan.

3.     Dapur di dalam

Menggunakan ruang dapur dalam atau meletakkan dapur di dalam rumah juga tidak masalah. Ini adalah salah satu teknik yang paling sering digunakan. Ada beberapa kelebihan ketika menggunakan dapur di dalam rumah seperti ini, yaitu dapur senantiasa bersih, dan Anda dapat memainkan beberapa permainan warna cantik, untuk membuat dapur tampak semakin menarik untuk digunakan.

Desain dapur minimalis

Setelah mengetahui tentang luas lahan yang akan digunakan untuk dapur serta dimana dapur tersebut akan diletakkan,  maka berikutnya adalah mendesain dapur minimalis atau membuat gambar dapur minimalis. Membuat gambar atau mendesain dapur minimalis ini tentu saja penting. Dengan demikian Anda tahu bagaimana cara yang memanage aneka barang atau furniture dengan baik, agar dapur tampak lebih cantik, dan pastinya nyaman digunakan. Untuk membuat desain dapur itu sendiri, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, antara lain :

1.     Memperhatikan desain dapur yang sebaiknya digunakan

Setelah memperhatikan ukuran dapur yang Anda miliki, tentu saja Anda akan memiliki  gambaran tentang desain dapur sederhana seperti apa yang pas digunakan di dapur tersebut. Apakah sebaiknya Anda menggunakan dapur dengan bentuk seperti huruf U, L atau berbentuk horizontal.

Apabila bentuk ruang dapur tersebut, seperti kotak, maka Anda dapat membuat dapur dengan bentuk hurup U atau juga huruf L. Tapi jika bentuk dapur Anda seperti persegi panjang, maka ruang dapur yang dapat Anda gunakan berbentuk huruf L atau berbentuk horizontal.

2.     Memperhatikan tata letak aneka furnitur yang akan digunakan

Apabila Anda membuat gambar dapur, maka Anda perlu memperhatikan tata letak dari aneka furnitur yang akan digunakan, atau yang akan disimpan di ruang dapur tersebut. Perhatikan dengan baik furnitur apa saja yang akan disimpan di dapur. Beberapa perlengkapan dapur yang umum tersedia di dapur antara lain, kompor, wastafel untuk cuci piring, kulkas, rak piring dan beberapa perlengkapan lainnya.

Perhatikan dengan baik dimana sebaiknya kompor diletakkan, demikian pula dengan letak wastafel, rak piring dan hal-hal lainnya. Pastikan semua furnitur yang ada, berada dalam posisi yang sangat proporsional, sehingga kinerja di dapur jadi semakin efisien. Jika Anda salah dalam merencanakan tata letak aneka furnitur, imbasnya kegiatan di dalam dapur, jadi kurang efektif.

3.     Memanfaatkan ruang vertikal

Dalam rangka memanfaatkan ruang dapur terbatas, maka desain dapur sederhana ini harus dibuat secermat mungkin serta seefisien mungkin. Termasuk diantaranya memanfaatkan dengan baik ruang vertikal, atau ruang ke atas. Teknik pemanfaatan ruang seperti ini ada beberapa cara, antara lain :

–          Menggunakan kitchen set

Teknik pertama yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan ruang vertical adalah dengan membuat sebuah kitchen set. Model kitchen set serta bahan kitchen set saat ini cukup banyak. Anda dapat memilih salah satu yang dinilai paling pas. Namun sebelum  Anda membuat sebuah kitchen set sederhana atau bahkan membeli desainkitchen set yang ada di pasaran, sebaiknya Anda memperhatikan ukuran kitchen set yang sebaiknya dibuat atau dibeli. Usahakan agar ukuran kitchen set minimalistersebut, sesuai dengan ruang dapur Anda. 

Anda dapat menggunakan kitchen set yang diletakkan di atas lantai dan kitchen set yang akan diletakkan di dinding. Ketika memilih dan mendesain sebuah kitchen set, perhatikan barang-barang apa saja yang akan disimpan dalam kitchen set tersebut.

–          Tidak menggunakan kitchen set

Menggunakan desain dapur sederhana tanpa kitchen set juga dapat Anda lakukan. Itu artinya Anda dapat menggunakan atau membuat rak terbuka. Dalam hal ini Anda perlu membuat sebuah rak yang sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk membuat rak terbuka seperti ini tidak terlalu sulit. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah barang-barang apa saja yang akan diletakkan di rak tersebut. Berikutnya perhatikan ukuran luas ruangan yang akan diletakkan rak. Tidak lupa, Anda juga perlu memperhatikan material apa yang sebaiknya digunakan untuk meletakkan aneka perlengkapan masak tersebut. Terakhir adalah mendesain rak itu sendiri. Untuk mendesain sebuah rak terbuka seperti ini, sebaiknya sesuaikan ukuran rak dengan kebutuhan akan masing-masing perlengkapan masak.

–          Memperhatikan aneka perlengkapan masak yang paling sering digunakan

Dalam memanfaatkan ruang vertical seperti ini. Anda juga perlu memperhatikan aneka perlengkapan masak apa yang paling sering dipergunakan. Alat-alat masak seperti ini sebaiknya disimpan pada lokasi yang mudah dijangkau, sebaliknya berapa perlengkapan masak yang jarang digunakan, sebaiknya disimpan di rak khusus.

Anda juga perlu memperhatikan aneka perlengkapan masak yang menggunakan listrik. Berikan sebuah ruang khusus, dimana Anda perlu memperhatikan jalur listrik yang sebaiknya disiapkan. Pastikan jalur tersebut aman, dan tidak mudah terciprat oleh air, atau hal-hal lainnya yang dapat mengganggu atau bahkan merusak jaringan listrik itu sendiri.

4.     Perhatikan sistem ventilasi

Dalam membuat desain dapur minimalis, tentunya Anda juga perlu memikirkan tentang sistem ventilasi dari ruang dapur itu sendiri. Sistem ventilasi yang baik, membuat ruang dapur terasa segar, tidak sumpek, dan pastinya nyaman untuk digunakan.

Untuk membuat sebuah sistem ventilasi bagi ruang dapur terbatas seperti ini, ada beberapa cara. Apabila Anda membuat ruang dapur terbuka, tentunya Anda tidak perlu bingung tentang sistem ventilasi untuk ruang dapur tersebut. Karena semua asap atau sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik, alasannya semua asap dan udara akan saling bertukar dengan baik.

Apabila Anda menggunakan ruang dapur di dalam rumah, maka ada 2 cara yang dapat Anda lakukan sebagai sistem sirkulasi udara, seperti menggunakan jendela atau menggunakan  pengisap asap dapur. Untuk membuat sebuah jendela, terutama untuk Anda yang mempunyai ruang dapur terbatas. Tentunya harus cermat dalam memperhitungkan ruang yang ada. Menggunakan jendela, artinya ruang dinding untuk menyimpan barang jadi berkurang. Cara lain untuk mengatasi hal-hal seperti ini adalah dengan menggunakan pengisap asap dapur. Menggunakan alat seperti ini memang cukup praktis. Selain Anda tetap dapat memanfaatkan dinding dapur sebagai tempat menyimpan berbagai perlengkapan masak, juga membuat seluruh asap dapat terisap dengan baik.

Sistem sirkulasi seperti ini sebaiknya diletakkan tepat di atas kompor, baik jendela maupun alat pengisap asap. Dengan demikian, seluruh asap yang berasal dari makanan akan langsung tersedot ke atas, atau keluar rumah.

5.     Perhatikan sistem pencahayaan

Selain memperhatikan sistem sirkulasi udara di ruang dapur. Anda juga perlu memperhatikan sistem pencahayaan di ruang dapur itu sendiri. Seperti sistem ventilasi udara, ada 2 cara yang dapat Anda gunakan untuk sistem pencahayaan tersebut antara lain :

–          Apabila Anda menggunakan dapur terbuka, maka Anda dapat menggunakan atap dari plastik fiber bening yang diletakkan di atas atap. Dengan demikian, sinar matahari dapat masuk ke dalam dapur. Ini yang membuat ruang dapur menjadi terang. Sedangkan untuk malam hari. Anda dapat menggunakan lampu dengan jumlah watt tertentu yang diletakkan di beberapa titik di ruang dapur. 

–          Apabila Anda menggunakan dapur tertutup, maka ada 3 cara yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh sistem pencahayaan yang baik. Yang pertama sistem pencahayaan berasal dari jendela, dimana jendela yang ada dapat dibuka dan ditutup. Jendela ini juga dapat digunakan sebagai sistem ventilasi sekaligus sistem pencahayaan utnuk ruang dapur itu sendiri.

Yang kedua berasal dari lampu, yang diletakkan di beberapa titik di ruang dapur. Sedangkan yang ketiga berasal dari atap, dimana salah satu bagian atap menggunakan kaca atau menggunakan atap dari fiver plastic bening. Sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam dapur. Malam hari, sistem penerangan menggunakan lampu yang diletakkan di beberapa titik.

6.     Ciptakan pandangan luas

Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan ketika membuat sebuah model dapur minimalis adalah menciptakan pandangan yang luas. Dapur minimalis ini memiliki ukuran yang terbatas, itu artinya Anda harus menciptakan ruang dapur yang terkesan luas, namun dapat muat beberapa barang kebutuhan masak pokok, yang biasanya digunakan. Menciptakan kesan luas ini adalah hal penting, ini yang membuat Anda leluasa dalam bergerak, dan ruang dapur pun tidak terkesan sumpek dan sempit. 

Perhatikan warna yang pas untuk dapur

Setelah memperhatikan lokasi dari ruang dapur dan juga desain dapur, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam membuat sebuah dapur minimalis yang nyaman adalah masalah warna. Memilih dan menggunakan warna yang tepat, membuat ruang dapur terasa semakin luas dan nyaman untuk digunakan.

1.     Menggunakan warna terang

Khusus untuk ruang dapur minimalis atau sederhana, sebaiknya gunakan warna-warna cerah, seperti warna biru muda, hijau muda, kuning cerah, putih, atau beberapa warna cerah lainnya. menggunakan warna-warna cerah, sebagai latar belakang atau juga furnitur yang akan digunakan, membuat suasana dapur menjadi lebih cerah dan tidak terkesan suram.

2.     Teknik menggunakan warna kontras untuk dinding dan furnitur

Teknik lain yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik ruang dapur minimalis adalah dengan memadukan warna dinding dan warna furnitur yang kontras. Salah satunya adalah dengan latar belakang atau background coklat elegan yang dipadukan dengan furnitur berwarna putih. Gunakan warna coklat muda, sehingga membuat ruang dapur Anda terkesan sangat anggun dan elegan. Warna lain yang juga dapat dipilih adalah warna hijau muda pada warna dinding sedangkan warna furnitur adalah warna putih, warna ini akan menciptakan kehangatan serta kesejukan tersendiri pada ruang dapur Anda. 

Mencari furnitur yang pas untuk dapur

Hal yang tidak kalah penting dalam membuat sebuah dapur minimalis yang cantik serta nyaman adalah memilih dan menggunakan furnitur yang pas untuk dapur tersebut. Ada beberapa tips menarik yang dapat Anda lakukan untuk membuat dapur minimalis Anda terlihat cantik, dan terkesan eksklusif, yaitu memilih dan menggunakan furnitur yang serba mengkilap, contohnya saja menggunakan kitchen set aluminium. Seperti namanya kitchen set yang satu ini berbahan aluminium. Perabot yang satu ini, dapat Anda padankan dengan warna dinding putih, furniture lainnya juga dapat berwarna putih atau warna kayu. Warna kontras seperti ini, akan menciptakan kesan unik sekaligus eksklusif ketika dilihat.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dalam mendesain ruang dapur, terutama dapur minimalis adalah bijak dalam memanfaatkan ruang kosong. Seperti diketahui bersama, sebuah dapur minimalis, mempunyai ruang yang cukup terbatas. Jika ada sedikit ruang kosong, tentunya dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan beberapa hal lain, seperti tempat untuk menyimpan kantung plastik, tempat untuk menyimpan sampah, atau hal lainnya. Apabila ukurannya cukup besar, Anda dapat meletakkan sebuah meja, dan di atasnya dapat diletakkan beberapa perabot lainnya. 

Untuk memperoleh aneka perlengkapan masak, serta aneka furnitur yang pas untuk dapur minimalis ini tidak terlalu sulit. Terutama untuk Anda yang saat ini tinggal di Bandung, Anda dapat mengunjungi mutiara kitchen Bandung, untuk memperoleh berbagai furnitur serta aneka perlengkapan dapur atau rumah tangga lainnya. harga aneka furnitur serta perabot rumah tangga yang ada di sini cukup beragam, Anda dapat memilih produk yang dinilai paling sesuai dan pas, jika digunakan pada dapur minimalis tersebut.